Global Variables

Sabtu, 05 Maret 2011

Tutorial Cara Edit/Unpack & Repack (Memodifikasi) Firmware

·

Untuk mengakhiri tahun 2010 ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang unpacking firmware menggunakan Nokia Firmware Editor v2.0 buatan PNHT. Ternyata pembaca blog ini masih banyak ya yang belum mengerti bagaimana cara mengedit, memodding, memodifikasi firmware atau bisa dibilang Unpack dan Repack. Padahal di blog2 lainya sudah ada yang bahas ginian lho... padahal dasar kita ingin memodifikasi firmware seperti modder master dari luar negeri adalah dimulai dari tahap ini. Cukup penjelasannya, mungkin sudah pada gak sabar kali ya :)


Klik gambar jika kurang jelas

Buka NOKIA FIRMWARE EDITOR kemudian klik open file



Kemudian pilih file rofs2.v06 (saya pake original Firmware 21.6.5)



Jika sudah tinggal klik extract



Proses extract pun terjadi.... Kalo punya kopi silakan disruput dulu.



Setelah gambar ijo-ijo diatas full maka tampilan selanjutnya seperti dibawah. Tunggu tulisan dibawah samping kiri pada "Current operation" tertulis DONE.



Tadaaa...... udah gini aja, gak ribet kan? Nah jadi kita tinggal ingin memasukkan apa dalam firmware ini. Bisa aplikasi, game, mod-mod yang pernah saya posting, themes, splasscreen, bootscreen, tahu, tempe, gula, garam, bawang, merica, cabe, jahe dll (Nah lho...)
Oke, Saya jelasin dikit fungsi-fungsinya.
1. Open file: untuk membuka firmware yang akan diedit. Ini sudah tahap awal tadi
2. Reload from HDD: Fungsinya untuk meload firmware yang baru di edit barusan.
3. Open Firmware Dir: Mengambil file yang sudah pernah di Unpack. Tempatnya biasanya di satu folder dengan NFE. nama foldernya RM-588---bla..bla..bla..
4. Extrack: Gunanya mengektract/mengunpack firmware. Ini juga sudah dilakukan pada tahap awal tadi.
5. Repack/Rebuld: Gunanya untuk merepack firmware kembali menjadi rofs2 setelah dimasukkan beberapa mod.
6. Download firmware: Sudah tahu pastinya gunanya apa.
Yang perlu diketahui disini bahwa dalam memodding firmware jangan melebihi kapasitas. Kalau melebihi kapasitas maka ujung-ujungnya hape jadi mati suri, alias matot. Nah gimana cara mengetahui kalau firmware sudah melebihi kapasitas apa belum? jangan khawatir PNHT sudah berpikir sampe disitu kok (soalnya Nokia editor beta terdahulu buatan PNHT juga gak ada info gtuannya :p). Lihat bagian kanan bawah, itu sekilas info dari firmware.



Disitu terlihat jelas bahwa:
Partition Size: Besar file firmware keseluruhan. Nah inilah yang dinamakan jangan sampai melebihi batas ukuran yang tertera pada Partition Size. Kalau pada CFW C6 biasanya Partition sizenya sekitar 115MB berarti jangan melebihi 115MB
Used space: Besar ukuran firmware yang telah digunakan. Nah kalau ukuran ini belum melebihi ukuran Partition size, berarti kita masih bisa menambahkan beberapa file modding lagi.
Free Space: Maksudnya ukuran file yang masih bisa kita tambahkan kedalam firmware. kalau misalkan Free Space tertera angka 14Mb berarti kita masih bisa memasukkan aplikasi atau file mod yang total keseluruhannya tidak lebih 14Mb.

Sudah paham?

Nah terus bagaimana cara memasukkan file aplikasi atau mod kedalam firmware? gampang, coba kamu download salah satu file dari link ini terserah pilih yang mana, tapi saya contohkan disini ingin memasukkan"mod fast screen rotation" yaitu memodifikasi firmware agar waktu hape di miringkan ke lanscape, perpindahannya lebih cepet gak lelet seperti bawa'annya. Kalau sudah di download, didalam file itu kan terdapat dua file yaitu private dan resource. Drag n drop file tersebut ke area kosong tengah tampilan NFE. Ada yang belum ngerti cara drag n drop? Tanya temen sebelahnya ato ntar saya kasih video tutorialnya biar cepet mudeng :)

Jadi deh, firmware kita telah jadi dengan memodifikasi fast screen rotation. Kalian bisa menambahkan mod-mod lainnya sesuai keinginan. Gampang kan? Untuk aplikasi dan game yang berformat *.SIS tidak bisa langsung dimasukkan ke Rofs2 ntar keselekkk NFEnya... Jadi kita Unpack juga file SISnya menggunakanSISWARE. Tapi besok-besok aja dech cara unpacknya gimana, soalnya sudah kriting ini tangan nulis segitu banyaknya. Ok cukup sekian tutorial kecil dari saya, kalo masih belum paham silakan koment dibawah, pasti saya balas :)

Selamat memodding ria......

NOKIA FIRMWARE EDITOR V2.0




SUMBER DARI SINI GAN

2 komentar:

Ŕhéźá Ŗhomanc mengatakan...

Dapetin file rofs2.v06 gimana gan ???

zack arnandi mengatakan...

mana vedio cara drag n drop di NFE nya juragan...?

Poskan Komentar

handapeunpost